Ratusan rumah di Sukabumi rusak parah akibat pergeseran tanah

Posted by

rusak parah akibat pergeseran tanah
Hingga Jumat pagi ratusan rumah di desa cimenteng dan desa narak jaya kecamatan curuk kembar kabupaten Sukabumi masih rusak berat akibat pergeseran tanah sejak Minggu pekan lalu tiba-tiba tanah terbelah dan membuat rumah-rumah warga ikut terbelah dan hancur khawatir bencana pergeseran tanah semakin lebar warga pun mengungsi ke kerabat yang jauh dari 2 desa tersebut.

"mulai Minggu sore itu sampai sekarang banyak rumah yang rusak ringan hampir semua dari desa nagrak jaya ini hampir semua rusak yang diinginkan warga adalah adanya sumbangan dari pemerintah di tempati di tempat yang kuat istilahnya kami ber keinginan untuk di relokasikan" ujar Misbah Salah satu Warga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) daerah kabupaten Sukabumi mencatat sedikitnya 47 rumah mengalami rusak sedang 14 rumah mengalami rusak sedang dan ratusan rumah mengalami rusak ringan.

"untuk rusak berat di perkirakan 14 rumah untuk rusak sedang 47 dan untuk rusak ringan ya sekitar 100 lebih" ucap Beki Sudrajat Staf BPBD Kab. Sukabumi.

Hingga malam tadi tercatat 84 warga yang diungsikan oleh petugas BPBD Kabupaten Sukabumi Jawa Barat kebangunan sekolah setempat karena rumah mereka nyaris roboh akibat pergeseran tanah sejumlah warga mengaku trauma untuk menepati rumahnya lagi dan berharap di relokasi ke tempat yang lebih aman. Berdasarkan data BPBD kabupaten Sukabumi warga yang terkena dampak pergeseran tanah mencapai 974 jiwa dan 336 rumah rusak sejauh ini BPBD Sukabumi masih menunggu laporan tim geologi dari Dinas Pengelolaan Sumber Daya Energi dan Mineral yang sudah datang ke lokasi untuk mengkaji kondisi tanah di daerah bencana.

"Jumlah pengungsi sekarang ini 84 orang terdiri dari 36 perempuan, 48 laki-laki adapun balitanya 3 orang, anak-anak 7 orang, lansia 5 orang. pengungsian ini baru 2 malam ini nah jumlahnya tiap malam naik terus, rata-rata di sini karena khawatir juga mungkin rumahnya rata-rata cuma malamnya saja di sini pagi-pagi mereka sudah kembali ke rumah dengan kondisi dijaga sama tim gabungan kami relawan-relawan" ujar Yus Sanras Petugas Posko Pengungsi.

mengantisipasi terjadinya pergeseran tanah lagi personil TNI, Relawan, BPBD dan PMI kabupaten Sukabumi mendirikan tenda darurat untuk mengungsi.



Berita Terbaru Updated at: 21.11.00

0 comments:

Posting Komentar