Himpunan Mahasiswa Islam Kecam Wakil Ketua KPK

Posted by

Ucapan wakil ketua komisi pemberantasan korupsi (KPK) Saut Situmorang menuai aksi kecaman,gelombang aksi protes HMI di gelar di sana sini. Mereka meminta komisioner lembaga pemberantasan korupsi menuntut saut agar meminta maaf atas ucapannya yang  di anggap menyakiti masa aktivis hmi di seluruh tanah air.

saut situmorang di demo massa HMI

Polisi langsung menghalau masa himpunan mahasiswa islam yang mencoret coret papan nama gedung lembaga pemberantasan korupsi. Tak hanya itu masa hmi juga membakar ban bekas di depan gedung kpk hingga membuat jalan raya macet kuningan jakarta selatan. Masa yang memaksa masuk gedung kpk di halangi polisi hingga membuat aksi dorong tak terhindarkan,akibat dari saling dorong menyebabkan 2 orang polisi terluka di kepala akibat terkena lemparan batu dari masa.
Masa himpunan mahasiswa islam menuntut saut untuk meminta maaf kepada seluruh anggota himpunan mahasiswa islam atas pernyataan yang di ucapannya.
demo rusuh massa HMI

"Pak saut selaku pribadi tidak bermaksud menyinggung himpunan mahasiswa islam maupun lembaga lain,sehingga menimbulkan kesalahpahaman maupun beda persepsi untuk itu pak saut memohon maaf atas pernyataan tersebut"ujar yuyuk andriati selaku pelaksana harian kabiro humas kpk.
Tak puas dengan jawaban perwakilan kpk masa hmi terus mendorong agar meminta maaf langsung. Aksi kecaman meluas hingga ke berbagai daerah di tanah air,di lumajang aksi keributan antara aktivis hmi dengan petugas tidak dapat terhindarkan,selain meminta maaf masa menuntut wakil ketua kpk saut situmorang di copot dari jabatannya karena di anggap mencoreng nama baik kpk.

Oknum yang di anggap memprovokasi keributan di amankan petugas,masa HMI di makassar memblokir jalan raya dengan truk kontainer  yang di jadikan panggung orasi,akibatnya jalan trans sulawesi macet panjang,keributan sempat terjadi saat aparat berusaha membubarkan
Aksi blokir jalan,ketegangan mereda saat polisi membiarkan masa menyandera sebuah truk. Selain mengerahkan masa,hmi juga melakukan langkah langkah hukum. Puluhan pengurus hmi menuntut saut situmorang atas ucapannya menyakiti aktivis hmi.

Hari ini sebenarnya wakil ketua Saut Situmorang sebenarnya sudah menyampaikan permohonan maaf,namun ini tak menghalangi pengurus besar hmi membuat laporan. Kamis peka lalu kepada wartawan,wakil ketua kpk saut situmorang melontarkan sebuah pernyataan,pernyataan saut lantas menuai kecaman. Mulai senin siang pengurus pengurus hmi di berbagai daerah berunjuk rasa.Walau yakin penyataannya bahwa besar kemungkinan kader hmi tergoda melakukan korupsi saat  menduduki jabatan publik di dasarkan pada bukti bukti,saut situmorang berencana bertemu dengan perwakilan hmi untuk bersilaturahmi,guna meredam ketegangan yang terjadi di lapangan.

Berikut petikan pernyataan Saut Situmorang kepada media.

"Saya selaku pribadi tidak bermaksud menyinggung hmi maupun  lembaga lain,sehingga menimbulkan kesalah pahaman ataupun salah persepsi. Untuk itu saya mohon maaf atas pernyataan saya tersebut,sekali lagi saya meminta maaf atas pernyataan tersebut. Poin 3 kami percaya pernyataan kami karena pernyataan saya,dan saya percaya hmi sebagai salah satu penggerak aktivis mahasiswa di indonesia bisa menjadi mitra kpk dalam upaya pemberantasan korupsi."



Berita Terbaru Updated at: 16.39.00

0 comments:

Poskan Komentar