Status gunung bromo naik menjadi siaga sejak 4 Desember 2015

Posted by

Gunung Bromo terus bergejolak asap pekat terus menyembur dari permukaan kawah bahkan dalam 6 jam terakhir pos pemantau Bromo merekam terjadinya 5 kali letusan dengan durasi lebih dari 10 detik
Gunung Bromo terus bergejolak asap pekat terus menyembur dari permukaan kawah bahkan dalam 6 jam terakhir pos pemantau Bromo merekam terjadinya 5 kali letusan dengan durasi lebih dari 10 detik meski demikian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo mengaku alami kendala untuk mengevakuasi warga suku Tengger yang bermukim di lereng Bromo warga tidak mau di ungsikan karena menganggap letusan Bromo sebagai hal biasa.

Warga Tengger tidak gentar meski abu vulkanis kerap mengguyur permukiman mereka masyarakat suku Tengger berkeyakinan gunung bromo merupakan nenek moyang mereka sehingga tidak akan mencelakan mereka. Status gunung Bromo naik menjadi siaga sejak 4 Desember 2015 Bromo merupakan gunung berapi aktif yang berkarakter strombolian tekanan erupsinya tidak terlalu kuat namun berlangsung lama sehingga warga dan para wisata gunung bromo di himbau tetap waspada radius bahaya erupsi Bromo kali ini masih berada di antara 2,5 hingga 3 kilometer.

Gunung Bromo kembali bergejolak kepulan asap pekat di sertai letusan kecil mencapai ketinggian 1.500 meter dari pusat kawah arah angin menuju ke wilayah kabupaten Probolinggo dan Pasuruan aktivitas Bromo yang kembali meningkat tidak mempengaruhi warga di sekitar Bromo bagi mereka situasi seperti ini sudah biasa di hadapi bahkan masyarakat suku Tengger tetap beribadah di pura yang letaknya kurang dari 2 kilometer dari kawah Bromo.

Untuk memudahkan warga atau pun para wisata bromo untuk mendapatkan informasi terkini seputar erupsi Bromo kini pemerintah setempat sediakan telesenter yakni sebagai pusat data Bromo. Sejak senin dini hari gunung Bromo terpantau mengeluarkan sinar api hal ini mengindikasikan adanya pergerakan magma di dasar kawah meski begitu aktivitas gunung Bromo cenderung fluktuatif tidak menyemburkan larva pijar melainkan material abu vulkanis. Status gunung Bromo naik menjadi siaga sejak 4 Desember 2015 lalu Bromo merupakan gunung api aktif yang berkarakter Strombolian tekanan erupsinya tidak terlalu kuat namun berlangsung lama untuk itu warga dan para wisata di himbau tetap waspada.



Berita Terbaru Updated at: 10.00.00

0 comments:

Posting Komentar