Setelah perayaan tahun baru 2016 sampah berserakan di sejumlah daerah

Posted by

tempat sampah di siapkan untuk mencegah pengunjung buang sampah sembarangan namun langkah tersebut belum berhasil tingkatkan kebersihan pasca perayaan tahun baru
Pasca perayaan tahun baru kawasan Bundaran Hotel Indonesia telah berbenah petugas Dinas Pertamanan dan Dinas Kebersihan bergerak cepat membersihkan sisa sampah hanya sedikit sampah yang tersisa di sekitaran Bundaran HI langkah cepat petugas di apresiasi warga pengguna jalan. Sementara itu selama perayaan pergantian tahun baru hingga Jumat pagi kondisi di jalan Protokol Jakarta aman dan lancar.

Di lokasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) puluhan petugas kebersihan masih bekerja mengangkut sisa sampah di malam tahun baru sampah di dominasi botol plastik, bungkus plastik bekas makanan hingga petasan serta kembang api tahun baru dan puntung rokok warga pun menyayangkan banyaknya sampah yang bertebaran namun mereka juga mengakui sulit temukan tempat sampah di lokasi wisata. Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah berulang kali mengingatkan masalah kebersihan kepada pengunjung namun kurangnya kesadaran membuat masalah sampah selalu berulang saat perayaan malam tahun baru. Sebelumnya lebih dari 1.000 tempat sampah di siapkan untuk mencegah pengunjung buang sampah sembarangan namun langkah tersebut belum berhasil tingkatkan kebersihan pasca perayaan tahun baru.

Kondisi pantai Kuta 6 jam selepas perayaan malam pergantian tahun baru, sampah-sampah plastik seperti botol minuman bungkus makanan ringan hingga sisa kembang api tahun baru berserakan di sepanjang pantai Kuta hingga seminyak. Wisatawan yang hendak menikmati udara sejuk pantai Kuta di pagi pertama tahun 2016 menyesalkan banyaknya tumpukan sampah yang mengotori bibir pantai. Tidak hanya wisatawan domestik keberadaan sampah-sampah ini juga mengganggu kenyamanan wisatawan asing. Satgas pantai Kuta telah berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Badung untuk membersihkan sampah-sampah ini.

Hal serupa terlihat di sepanjang pantai Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, kurangnya kesadaran wisatawan membuang sampah pada tempatnya membuat pemilik warung bekerja ekstra membersihkan sampah-sampah tersebut. Para pemilik warung sebenarnya sudah menyediakan kantong-kantong sampah namun jumlahnya tidak sebanding dengan wisatawan yang datang untuk merayakan malam pergantian tahun baru 2015 ke tahun 2016 di perkirakan wisatawan masih akan memadati kawasan wisata ini hingga hari Minggu mendatang.



Berita Terbaru Updated at: 10.35.00

0 comments:

Posting Komentar