BIN ajukan usulan amnesti Din Minimi Kepada Presiden

Posted by

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso melaporkan hasil negosiasinya dengan gerakan aceh merdeka (gam) kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Wakil Presiden Jakarta Pusat
Rabu sore Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso melaporkan hasil negosiasinya dengan gerakan aceh merdeka (gam) kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Wakil Presiden Jakarta Pusat. Sutiyoso juga menyampaikan usulan pemberian amnesti kepada Nurdin Ismail alias din minimi dan pengikutnya, menipisnya logistik yang di miliki para anggota gam yang di pimpin din minimi menjadi salah satu pemicu din minimi dan anggotanya menyerahkan diri.

Peraturan pemberian amnesti tertuang dalam keppres nomor 22 tahun 2005 tentang pemberian amnesti umum dan abolisi kepada setiap orang yang terlibat dalam GAM dalam keputusan itu pemberian amnesti harus mendapat masukan dari DPR RI. Usulan Sutiyoso untuk pemberian amnesti kepada din minimi menuai pro dan kontra Panglima Kostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi meminta berbagai tindakan kriminal yang pernah di lakukan din minimi dan kelompoknya tetap di serahkan kepada penegak hukum.

Din minimi adalah pemimpin kelompok separatis yang menyerahkan diri selasa lalu setelah melalui mediasi dan pendekatan Sutiyoso berhasil membujuk din minimi untuk menyerahkan diri bersama dengan 120 anggotanya din minimi atau Nurdin Ismail ini juga menyerahkan senjata selama 4 tahun mereka tinggal dalam hutan salah satu alasan kelompok din minimi menyerahkan diri karena kecewa terhadap petinggi gerakan aceh merdeka (GAM) tiga anggota din minimi kini masih dalam pencarian.

Badan Intelijen Nasional (BIN) akan berikan surat pengajuan amnesti kelompok bersenjata din minimi kepada Presiden Joko Widodo nantinya surat ini akan di proses di Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) sebelum kemudian di ajukan ke DPR. Dalam wawancara ekslusip dengan din minimi di Julok Aceh Timur pentolan Gerakan Bersenjata di Aceh ini menceritakan penantian realisasi amnesti dari Pemerintah dan DPR RI. Din minimi atau Nurdin Bin Ismail amat alias Nurdin Abuminimi adalah pimpinan dari kelompok bersenjata kombatan dari Gerakan Aceh Merdeka (GAM) din minimi bersama komplotannya telah menyerahkan diri ke pemerintah dan ajukan 6 syarat ke enam syarat itu di antaranya meminta pemerintah memberikan amnesti.



Berita Terbaru Updated at: 11.10.00

0 comments:

Posting Komentar