Meluapnya sungai citarum mengakibatkan ratusan rumah warga terendam banjir di bandung

Posted by

Banjir yang kerap terjadi di Kecamatan Baleendah akibat kawasan ini lebih rendah dari aliran sungai Citarum warga pun khawatir banjir terus naik mengingat intensitas hujan masih cukup tinggi
Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bandung sebabkan sungai Citarum kembali meluap senin pagi air setinggi 50 hingga 75 cm menggenangi ratusan rumah warga di dua kecamatan yakni kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot. Banjir juga menutup akses jalan warga terpaksa gunakan perahu kayu untuk melintas selain mengganggu aktivitas warga banjir juga mengganggu aktivitas belajar mengajar para siswa akibat ruang kelas yang terendam banjir Sekolah Dasar Negeri 1 Baleendah terpaksa di liburkan. Hujan dengan intensitas tinggi menjadi penyebab banjir dan di prediksi masih akan terjadi, khawatir banjir akan semakin meningkat setidaknya ada 11 keluarga yang memilih mengungsi. Banjir kerap terjadi di kecamatan Baleendah lantaran letaknya lebih rendah dari sungai Citarum.

Tingginya curah hujan mengakibatkan ratusan rumah warga kampung Cieunteung kecamatan Baleendah senin pagi kembali terendam banjir dengan ketinggian 50 cm selain merendam ratusan rumah warga akses jalan pun tertutup total oleh banjir hingga mengganggu aktivitas warga, warga harus menggunakan perahu kayu untuk melintasi genangan banjir. Sebagian warga bahkan terpaksa mengungsi ke masjid terdekat, bencana alam banjir yang kerap terjadi di Kecamatan Baleendah akibat kawasan ini lebih rendah dari aliran sungai Citarum warga pun khawatir banjir terus naik mengingat intensitas hujan masih cukup tinggi.

Setelah tiga hari bencana banjir dari luapan sungai Citarum di dua kecamatan di Kabupaten Bandung Selasa pagi mulai surut saat ini ketinggian air sekitar 10 cm peristiwa ini bukanlah yang pertama di kecamatan Baleendah dan Dayeuhkolot banjir sudah menjadi langganan karena kawasan ini terletak di cekungan Bandung lebih rendah dari sungai Citarum akibat terlalu sering terendam banjir tiang penyangga dan dinding rumah warga menjadi lapuk setidaknya sudah 2 rumah di kampung Cieunteung yang ambruk akibat banjir yang terus menggenangi. Setiap musim hujan banjir akan terus mengancam merelokasi warga dinilai jadi solusi meski telah di rencanakan sejak lama upaya relokasi masih berkendala beberapa hal. Warga terus berharap langkah kongkrit pemerintah untuk atasi banjir yang kerap terjadi terutama di musim hujan seperti sekarang.

Banjir yang merendam 2 kecamatan yakni Baleendah dan Dayeuhkolot di kabupaten Bandung selasa pagi mulai berangsur surut ketinggian air saat ini hanya sekitar 10 cm yang menutupi jalan permukiman warga, penyebab terjadinya banjir adalah dari luapan sungai Citarum yang sering terjadi di kawasan Bale Endah menyebabkan 10 rumah warga rusak bahkan 2 rumah warga yang berada di RT 04 kampung Cieunteung ambruk hal ini akibat tiang penyangga dan dinding rumah lapuk karena seringnya terendam air. Warga berharap pemerintah segera membeli atau merelokasi rumah mereka agar warga bisa pindah ke lokasi yang lebih aman dan terbebas dari banjir.



Berita Terbaru Updated at: 13.46.00

0 comments:

Posting Komentar