MEA menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah

Posted by


Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA adalah pembentukan pasar bebas di Asia Tenggara, ini menjadi cara bagi negara  negara asean menyaingi India dan China untuk menarik Investasi asing. Ekspor impor serta tenaga profesional semakin mudah masuk dan keluar di negara-negara anggota MEA salah satu contoh pengertian mea adalah maraknya barang-barang impor yang beredar di pasar dalam negeri namun sosialisasi mengenai pasar bebas masih belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat salah satunya kalangan pedagang. Ketidak tahuan pedagang tentang MEA menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah apa lagi produk lokal nantinya akan bersaing dengan produk dari negara lain. Berbagai sektor yang masih lemah akan terus di benahi Menteri Perdagangan (Kemendag) menilai Indonesia akan unggul jika memperkuat industri padat karya dalam pasar bebas.

Pembentukan pasar tunggal atau MEA di kawasan Asia Tenggara telah di rencanakan lebih dari satu dekade lalu MEA memungkinkan penjualan barang dan jasa antara negara-negara Asia Tenggara semakin mudah persaingan kompetisi akan semakin ketat karenanya kualitas masyarakat juga perlu di tingkatkan untuk menghadapi persaingan tidak melulu berdampak negatif berlakunya pasar bebas asean juga menguntungkan Indonesia salah satunya dengan terciptanya lapangan kerja baru yang akan meningkatkan pendapatan nasional.

Menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN merupakan tanggung jawab semua pihak di Indonesia baik Pemerintah maupun Masyarakat, Kementerian Perdagangan sebagai garda terdepan mengaku memiliki banyak tugas menyiapkan Indonesia dalam menghadapi perdagangan bebas di antara negara ASEAN lainnya. di antaranya meningkatkan ekspor stabilisasi harga pembukaan akses pasar ke ASEAN negosiasi untuk mendorong investasi dalam negeri, penguatan pasar, pembinaan UKM, penerbitan regulasi untuk dorong pasar domestik serta sosialisasi dan edukasi publik akan potensi dan tantangan dalam MEA.

Namun direktur kerja sama ASEAN Kementerian Perdagangan Dona Gultom menyebutkan ada sejumlah hal dari dalam negeri yang bisa menjadi penghambat keunggulan Indonesia dalam MEA di antaranya infrastruktur dan kapasitas sumber daya manusia. Meski banyak tantangan dan hambatan Dona mengingatkan bahwa potensi MEA dalam mengembangkan ekonomi Indonesia dan kawasan ASEAN sangatlah besar, investasi bisa melonjak dan ekspor impor di antara negara-negara anggota bisa meningkat tajam.

Pelaku usaha kreatif di kota kembang Bandung Jawa Barat siap bersaing di pasar bebas ASEAN (MEA) karena sejak sebelum era pasar tunggal ini pun sejumlah pengusaha sudah mengekspor hasil produksinya ke mancanegara produk asesoris pohobis sepeda motor ini salah satunya merupakan hasil buatan tangan atau handmade pernik ini telah menembus pasar Asia bahkan Eropa. Ekonomi kreatif memang menjadi salah satu industri andalan Bandung di era masyarakat ekonomi asean (mea), terus mengembangkannya pemerintah kota Bandung telah melakukan kerja sama baik dengan sejumlah negara seperti Malaysia, Thailand hingga Prancis dan Jepang.

Di Pulau Dewata selain wisata hasil karya seni seniman lokal juga sejak lama jadi sektor andalan, sejak lama telah memasarkan produk seni ke Mancanegara seniman Bali siap hadapi pasar bebas regional Asia Tenggara bagi sebagian pelaku industri ini mea menjadi tantangan sekaligus peluang baru. Pemerintah provinsi juga telah siapkan program untuk menunjang terutama pemasaran dan pelatihan, Sementara di industri wisata sektor ini justru di nilai paling siap hadapi era mea mengingat Bali kembali menyandang predikat sebagai salah satu pulau terbaik tujuan wisata dunia.



Berita Terbaru Updated at: 12.16.00

0 comments:

Poskan Komentar