Perpanjangan kontrak pt freeport indonesia bisa di lakukan tahun 2019

Posted by

Sempat berembus kabar pemerintah memperpanjang kontrak namun kepala staf kepresidenan membantah hal tersebut pembicaraan freeport dengan Presiden hanya sebatas komitmen
Perpanjangan kontrak pt freeport indonesia terus menuai polemik, karena kasus freeport belum selesai. Sempat berembus kabar pemerintah memperpanjang kontrak namun kepala staf kepresidenan membantah hal tersebut pembicaraan freeport dengan Presiden hanya sebatas komitmen freeport indonesia untuk memenuhi syarat-syarat yang di ajukan Pemerintah.

"Sampai saat ini pemerintah belum melakukan perpanjangan kontrak dengan pihak freeport karena pemerintah harus patuh dengan undang-undang peraturan yang memang pembicaraan tentang perpanjangan kontrak baru akan di mulai tahun 2019 dan kontraknya sendiri itu berakhir tahun 2021 saya kira itu pembicaraan bapak Presiden dengan pihak freeport itu baru sebatas kira-kira komitmen-komitmen dari kontrak itu serta apa yang akan diberikan kepada Indonesia", ujar Teten Masduki Kepala Staf Kepresidenan.

Rumor muncul setelah Menteri ESDM Sudirman Said menandatangani nota kepahaman perpanjangan ekspor konsentrat pt freeport indonesia. Kontrak tambang freeport ini baru berakhir pada tahun 2021 dan pengajuan perpanjangan bisa dilakukan pada tahun 2019 mendatang.

kelanjutan operasi penambangan PT Freeport Indonesia di Papua sampai saat ini masih menuai pro dan kontra termasuk dikalangan Pemerintah usai menghadiri pemusnahan barang impor ilegal di Jakarta Presiden Joko Widodo menegaskan bila Freeport mau mengajukan perpanjangan kontrak maka harus menunggu tahun 2019 yakni dilakukan 2 tahun sebelum kontrak habis pada 2021 artinya perpanjangan tersebut dapat dilakukan pada 2019.

"undang-undangnya jelas ya bahwa perpanjangan itu diperbolehkan 2 tahun sebelum kontrak habis berarti sebelum 2021 berarti 2019 sekarang ini memang prosesnya pada proses-proses berbicara" ujar Presiden RI Joko Widodo.

Lebih lanjut Presiden mengatakan Pemerintah sampai saat ini masih terus membicarakan peningkatan barang dan jasa, pekerja lokal, peningkatan royalti dan divestasi saham serta pembangunan pabrik smallter dengan PT Freeport, sementara itu terkait dengan saham divestasi yang ditawarkan oleh PT Freeport oleh ke Pemerintah pusat sebesar 10,64% Presiden mengaku belum memutuskan langkah pengambilan dikarenakan butuh waktu untuk dirundingkan.



Berita Terbaru Updated at: 15.08.00

0 comments:

Posting Komentar