Peringati hari ham sedunia

Posted by

Diah Mulyati pun mengalami pelanggaran HAM, Diah dan 400 kepala keluarga lainnya menjadi korban penggusuran Teluk Gong penjaringan Jakarta Utara
17 tahun silam tragedi berdarah terjadi di kawasan Semanggi Jakarta puluhan ribu orang demo menolak sidang istimewa MPR 1998 dan menentang Dwi fungsi ABRI aksi berujung bentrok setidaknya 456 warga sipil mengalami luka-luka dan 17 orang di laporkan tewas akibat terjangan peluru aparat. Salah satunya Bernardus Realino Norma Irmawan mahasiswa semester 5 fakultas ekonomi Universitas Atma Jaya Jakarta. Pria yang akrab disapa Wawan ini tewas di terjang peluru aparat dalam tragedi demo mahasiswa Semanggi 1 tanggal 13 November 1998, Namun hingga kini keadilan untuk Wawan dan rekan-rekannya belum menemukan titik terang meski demikian sang ibu tidak pernah lelah memperjuangkan hak anaknya.

Tidak hanya Wawan, Diah Mulyati pun mengalami pelanggaran HAM, Diah dan 400 kepala keluarga lainnya menjadi korban penggusuran Teluk Gong penjaringan Jakarta Utara. Tahun 2001 lalu Diah terpaksa meninggalkan rumah yang telah di tempatinya sejak tahun 1989 mereka di gusur tanpa mendapatkan hunian pengganti.

Kampanye untuk melawan lupa bagi Indonesia yang menghormati HAM ini memang berupaya untuk mengedepankan nilai-nilai serta gagasan-gagasan HAM di Indonesia ini dan aksi ini mengajak keterlibatan dan dukungan penuh dari masyarakat untuk mengingat kasus-kasus HAM yang sering sekali terjadi di Indonesia walau pun sudah di masa kemerdekaan ini dan aksi ini akan berbentuk karnaval peringatan HAM dengan aksi simpatik yakni dengan Havening Art serta akan ada aksi 1.000 tanda tangan melawan lupa untuk Indonesia yang menghormati HAM.

Dalam hari HAM sedunia ini mereka mengajak masyarakat untuk mengingat kasus-kasus lama yang belum terselesaikan yakni seperti tragedi wasyor Wamena, tragedi Semanggi 13 November 1998 di sini juga mereka menyorot hak-hak petani yang masih saja kesejahteraannya masih sangat mengkhawatirkan.



Berita Terbaru Updated at: 09.56.00

0 comments:

Posting Komentar