Pengumuman penurunan harga bbm di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta

Posted by

Untuk harga baru bbm ini akan berlaku pada 5 Januari 2016 mendatang
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said Rabu sore mengumumkan penurunan harga bbm di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, harga minyak dunia yang saat ini berada pada 35 US Dolar perbarel dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika yang stabil di sekitar 14 ribu rupiah perdolar Amerika menjadi pertimbangan untuk menurunkan harga bbm terbaru. Penurunan harga bbm ini juga telah mempertimbangkan potongan dana ketahanan energi yang telah di tetapkan pemerintah.

Pungutan dana ketahanan energi dan dana pengurusan fosil berdasarkan implementasi pasal 30 dari undang undang nomor 30 tahun 2007 yang di dalamnya menyebutkan pemerintah harus menerapkan premi pengurasan energi fosil untuk pengembangan energi baru. Untuk harga baru bbm ini akan berlaku pada 5 Januari 2016 mendatang untuk memberikan waktu bagi pelaku usaha SPBU untuk menghabiskan persediaan bbm yang di miliki sebelum mulai menjual dengan harga baru.

Seiring dengan turunnya harga minyak dunia pemerintah akan segera menurunkan harga BBM dalam negeri, penyesuaian harga yang tadinya terjadi setiap awal bulan akan dipercepat menjadi 2X sebulan. Setelah menurunkan harga BBM pada awal Januari lalu Pemerintah akan kembali menurunkan harga BBM pekan ini harga Premium di perkirakan akan kembali turun sebesar 1.100 rupiah hingga 1.200 rupiah/liter. Presiden Joko Widodo mengatakan harga baru premium nantinya akan berkisar 6.400 rupiah hingga 6.500 rupiah/liter, Presiden berharap turunnya harga BBM akan diikuti oleh turunnya harga barang apalagi nantinya harga BBM telah sama dengan harga BBM di tahun lalu sebelum terjadinya kenaikan harga BBM.

"kita ingin harga-harga kebutuhan pokok, Sembako dan lain-lain Transport juga harus turun dari 8.500 turun 7.600 sekarang turun kira-kira loh ini belum diputuskan kira-kira 6.400 sampai 6.500 itu kira-kira ya" ujar Presiden RI Joko Widodo.

Jika harga BBM diturunkan Pemerintah akan terus mengupayakan agar harga barang di pasar ikut turun, Pemerintah akan memastikan pedagang tidak mencari keuntungan dari turunnya harga BBM.



Berita Terbaru Updated at: 09.56.00

0 comments:

Posting Komentar