Mengenang tsunami di aceh, museum tsunami ramai pengunjung

Posted by

Berdiri sejak tahun 2009 museum menjadi monumen simbolis mengenang bencana gempa yang mengakibatkan tsunami di aceh yang melanda 11 tahun silam
Mengenang bencana besar tsunami aceh 2004 tidak terasa sudah 11 tahun silam, museum tsunami ramai pengunjung terdiri dari warga sekitar juga wisatawan jumlahnya meningkat sejak awal libur panjang hari Kamis kemarin. Berdiri sejak tahun 2009 museum menjadi monumen simbolis mengenang bencana gempa yang mengakibatkan tsunami di aceh yang melanda 11 tahun silam.

9 tahun yang lalu peristiwa gempa dan tsunami Aceh gelombang laut besar meluluhlantakkan Aceh lebih dari 200.000 jiwa melayang, bencana alam 26 Desember 2004 tsunami menjadi sejarah perjalanan hidup Aceh bencana alam yang masih membekas dan teringat bagi masyarakat tsunami yang juga menjadi duka Indonesia dukanya dunia. Sejumlah peninggalan keganasan gelombang tsunami hingga kini masih dibiarkan alami di Banda Aceh, Museum tsunami Aceh, lokasi wisata sekaligus objek bersejarah Aceh. Pusat penelitian dan pembelajaran tentang kekuatan masyarakat Aceh saat menghadapi bencana alam tsunami. Bangunan museum tsunami lantainya dirancang mirip rumah panggung tradisional Aceh yang selamat dari terjangan tsunami, sementara atapnya terlihat seperti gelombang laut, museum dengan peninggalan yang merekam peristiwa gempa bumi dan tsunami di Aceh 26 Desember 2004 lalu.

Foto-foto dan rekaman video yang diputar di museum tsunami mengingatkan pengunjung akan ke dasyatan bencana tsunami, keganasan gelombang laut yang menyebabkan 200.000 jiwa melayang. Kuburan massal Lambaro Aceh Besar juga menjadi saksi bisu di lokasi ini dimakamkan puluhan ribu jiwa masyarakat Aceh, kuburan massal tampak gundukan tanah, kuburan yang hanya di tandai dengan monumen kuburan massal tsunami.

Kompleks museum tsunami seluas 2 setengah hektar ini juga menjadi areal perlindungan darurat serta pusat edukasi tsunami, di dalamnya pengunjung dapat bisa melihat kembali suasana dan peninggalan tragedi tsunami aceh juga terdapat dinding kenangan untuk mengenang para korban. Di lokasi pengunjung juga bisa dapatkan berbagai cinderamata khas Bumi Seragi Mekkah.



Berita Terbaru Updated at: 10.44.00

0 comments:

Posting Komentar