Basarnas Evakuasi para korban kapal cepat KM Marina Baru di perairan Siwa

Posted by

Pencarian Kapal Marina Baru ini mendapat sejumlah hambatan akibat angin kencang dan ombak tinggi
korban kapal cepat KM Marina Baru
Untuk membantu tim basarnas mencari para korban kapal cepat KM Marina Baru di perairan Siwa pencarian menyasar perairan teluk Bone hingga keluar 25 mil menuju perairan Siwa serta berbatasan langsung dengan perairan Kolaka Utara Sulawesi Tenggara. Saat pencarian tim Syahbandar Palopo menemukan sejumlah tanda-tanda yang diduga milik kapal cepat KM Marina Baru seperti pelampung, Jerigen, gabus.

Pencarian Kapal Marina Baru ini mendapat sejumlah hambatan akibat angin kencang dan ombak tinggi kapal menyisir sekitar teluk Bone hingga perairan Karang Aber menuju Karang Bali dan memutar ke tanjung Jeme. Kapal Marina bertolak dari pelabuhan Kolaka menuju pelabuhan Siwa Sabtu lalu sekitar pukul 11.00 WITA dalam perjalanannya kapal mengalami musibah setelah di hantam ombak tinggi.

Tercatat ada 94 penumpang dewasa dan 14 anak anak serta 12 orang anak buah kapal, tim Basarnas kini mengevakuasi kapal tersebut.

kabid Polda sulawesi selatan Kombes Pol Frans Barung Mangera membenarkan bahwa kapal tersebut berangkat dari pelabuhan kolaka sulawesi tenggara menuju siwa sulawesi selatan pada pukul 11 siang waktu setempat.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti tentang adanya korban jiwa, Kombes Pol Frans mengungkapkan saat ini basarnas dan Polres Wajo menginformasikan bahwa kapal tersebut belum tenggelam.

Proses evakuasi korban dipusatkan di kolaka dikarenakan lokasi lebih dekat dibandingkan dari siwa yang berjarak 14 mil dari lokasi kejadian kapal tenggelam.

Keluarga penumpang kapal Marina Baru 2b berkumpul di posko pencarian di pelabuhan Syahbandar Siwa Wajo Sulawesi Selatan mereka menantikan kepastian nasib keluarga mereka  yang menumpang kapal yang hilang kontak tersebut, Kapal Motor Marina Baru 2b yang berangkat dari Pelabuhan Kolaka Sulawesi Tenggara menuju pelabuhan Syahbandar Siwa Sulawesi Selatan KM Marina ini membawa 117 penumpang dan 12 Anak Buah kapal (ABK).

Saat ini keluarga korban mulai berdatangan di posko Pelabuhan Syahbandar Siwa kabupaten Wajo Sulawesi Selatan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo Alamsyah mengakui adanya kapal penumpang dari Kolaka menuju Siwa yang hilang kontak hari Sabtu pada pukul 14.50 menit Waktu Indonesia Tengah.

Namun Alamsyah belum bisa memastikan apakah kapal yang memuat penumpang ratusan orang tersebut tenggelam atau terbawa arus, BPBD rencananya akan melakukan pencarian pagi ini bersama tim Basarnas Makassar dan pihak pengelola pelabuhan.



Berita Terbaru Updated at: 14.22.00

0 comments:

Posting Komentar