Larangan kendaraan besar beroperasi menjelang dan saat tahun baru

Posted by

Namun sebagian angkutan barang sejak Selasa sudah ada yang tidak beroperasi dengan jumlah unit angkutan yang tidak beroperasi mencapai 7.000 unit kondisi ini berdampak pada kerugian yang di alami pengusaha angkuta
Aparat Kepolisian dari satuan lalu lintas Polres Sukabumi mengejar truk yang lolos dari razia kendaraan berat. Operasi penertiban ini dilakukan untuk menindak lanjuti surat edaran dari Kementerian Perhubungan terkait larangan kendaraan besar beroperasi menjelang dan saat tahun baru. Supir supir yang terjaring razia berdalih tidak tahu adanya larangan tersebut. Mereka merugi karena biaya operasional sudah terlanjur keluar. Larangan kendaraan berat beroperasi pada libur tahun baru di keluarkan untuk mengantisipasi kemacetan, Pemerintah berupaya menghindari macet parah seperti yang terjadi di libur natal dan maulid nabi lalu. Sejumlah skenario pengalihan arus terutama di tol-tol yang padat juga disiapkan untuk mengantisipasi kemacetan. Kendaraan bermuatan besar dilarang beroperasi mulai tanggal 30 Desember hingga 3 Januari 2016 mereka dilarang melintas di jalan-jalan nasional, jalan tol dan jalan di jalur wisata, larangan ini berlaku di wilayah Sumatera, Jawa dan Bali sementara itu untuk kendaraan pengangkut logistik Nasional seperti kendaraan pengangkut BBM, BBG, Pengangkut ternak serta pengangkut kebutuhan pokok di berikan pengecualian.

Hingga Selasa siang truk-truk angkutan barang maupun peti kemas terus terlihat memadati sejumlah ruas jalan di kawasan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Pengiriman dan angkutan barang ini terus di optimalkan sebelum pemberlakuan larangan kendaraan angkutan barang beroperasi selama lima hari terhitung sejak hari Rabu tanggal 30 Desember hingga tanggal 3 Januari 2016 mendatang. Namun sebagian angkutan barang sejak Selasa sudah ada yang tidak beroperasi dengan jumlah unit angkutan yang tidak beroperasi mencapai 7.000 unit kondisi ini berdampak pada kerugian yang di alami pengusaha angkutan dalam sehari kerugian bisa mencapai 5 hingga 7 miliar rupiah. Larangan tidak berlaku bagi angkutan barang Sembako, BBM, dan ekspor impor namun organ de Tanjung Perak Surabaya akan tetap akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Jawa Timur, Kepolisian, dan TNI apabila melakukan pengiriman barang melalui pelabuhan.

Sejumlah kendaraan berat masih terlihat melintas di jalan Tol meski sudah ada surat larangan melintas oleh menteri perhubungan, sejumlah pengendara truk mengaku belum mengetahui larangan tersebut. Meski Menteri perhubungan telah mengeluarkan surat edaran larangan melintas di Tol bagi kendaraan bermuatan berat pada libur tahun baru sejumlah truk masih melintas di jalur bebas hambatan tersebut ini terlihat di jalur tol Jakarta - Cikampek dan Tol Jol Cikunyir di mana puluhan kendaraan berat masih terlihat melintas. Hal yang serupa juga terjadi di beberapa titik di Tol Jagorawi arah Jakarta sejumlah pengendara kendaraan berat mengaku belum mengetahui adanya larangan melintas tersebut dalam peraturan Menteri Perhubungan nomor 48 tahun 2015 kendaraan angkutan barang kecuali pengangkut Sembako dan bahan bakar minyak dilarang melintas di jalur bebas hambatan untuk menghindari kemacetan panjang.



Berita Terbaru Updated at: 09.07.00

0 comments:

Posting Komentar