Hasil Investigasi Penyebab Kecelakaan Airasia QZ8501

Posted by

penyebab kecelakaa Pesawat Airasia
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Selasa sore memaparkan hasil investigasi penyebab kecelakaan Airasia QZ8501, Flight Data Recorder atau FDR mencatat adanya 4 kali gangguan pada sistem Rudder Travel Limiter (RTL). Pada 3 gangguan awal pilot dan ko-pilot berhasil menangani sesuai instruksi Electronic Centralized Aircraft Monitor (ECAM) namun pada gangguan ke 4 terjadi gangguan listrik pada komputer pesawat.

Pesawat sempat naik ke atas mencapai ketinggian tertinggi 38 ribu kaki lalu mengalami roll atau terguling 104 derajat dari catatan Black Box tidak terlihat adanya indikasi pengaruh cuaca sebagai penyebab kecelakaan ini. Perizinan penerbangan juga tidak terkait dengan penyebab kecelakaan karena itu Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tidak mendalami hal ini.

Akhir Desember 2014 Pesawat Airasia yang berangkat dari Bandara Juanda Sidoarjo menuju Bandara Changi Singapura ini hilang kontak setelah 30 menit mengudara. Lokasi hilangnya pesawat terlacak 2 hari kemudian, serpihan pesawat di temukan mengambang di sekitar perairan Selat Karimata sebanyak 162 penumpang dan kru pesawat tewas akibat insiden naas ini.



Berita Terbaru Updated at: 11.46.00

0 comments:

Posting Komentar