Gubernur DKI Jakarta Ahok meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)

Posted by

Ahok menilai dengan adanya ruang publik ini anak-anak dapat terhindar dari bahaya pedofil
Kini anak-anak dapat berinteraksi dengan nyaman di ruang publik ramah anak, Selasa siang Gubernur DKI Jakarta Ahok meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau RPTRA di Meruya Utara Jakarta Barat. Ahok menilai dengan adanya ruang publik ini anak-anak dapat terhindar dari bahaya pedofil.

"Susah ya tidak masuk akal banget tujuan seperti itu, justru kamu dengan main di taman ini ada pagar bisa amati apakah dia tidak pernah bilang justru kita gampang mengenali pedofil di sini kalau dari sini kelihatan, ada orang pancing anak kasih cokelat datang ke rumah lebih berbahaya kalau di sini banyak orang tua ada CCTV", ujar Ahok Gubernur DKI Jakarta.
Kedatangan Basuki bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau TP PKK DKI Jakarta Veronica Cahaya Purnama disambut antusias warga terutama anak-anak. Pantauan berita Jakarta.com prosesi peresmian dilakukan dengan pemotongan pita oleh Ketua TP PKK DKI Jakarta Veronica Tjahaja Purnama dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

RPTRA Meruya Utara dibangun di atas lahan seluas 5.500 meter/segi sejumlah fasilitas yang ada di RPTRA di antaranya Laut, PK kamar, ruang Olabtasi, lapangan putsal dan tempat bermain anak-anak. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan dirinya merasa senang RPTRA terus dibangun di Jakarta walaupun beberapa di antaranya agak terlambat peresmiannya, lebih lanjut Basuki menambahkan dirinya yakin jika minimal setiap kelurahan terdapat RPTRA akan menjadi tempat berkumpul dan bermain yang baik buat warga, keberadaan RPTRA akan membuat para orang tua mudah mengawasi anaknya yang bermain sehingga bisa meminimalisir terjadinya tindak kejahatan kepada anak-anak.

Pembangunan RPTRA Meruya Utara ini menghabiskan Dana 998 juta rupiah namun pembangunan RPTRA di biayai oleh perusahaan swasta  PT. Metropolitan Kentjana berbagai fasilitas yang terdapat di RPTRA ini antara lain lapangan putsal mini, lapangan multiguna, taman bermain anak, ruang PKK, Ruang laktasi dan jalur pedestrian. Tahun ini Ahok menargetkan untuk membangun 63 RPTRA di Jakarta dan pada tahun 2016 nanti akan di tambah 150 lokasi lagi.

Salah satu Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) besutan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terletak di kawasan Meruya Jakarta Barat taman ini baru di resmikan 29 Desember lalu aneka fasilitas bermain tersedia lengkap. Orang tua di kawasan ini senang ruang bermain anak mereka terpadu sehingga mudah di awasi, Pemerintah DKI Jakarta merancang taman terpadu ini sebagai bagian dari cara mengantisipasi kejahatan pada anak. Interaksi intensif antar warga jadi salah satu kunci.

"Warga bisa ketemu di sini bisa interaksi mereka nyaman mereka sebagai orang tua bisa memperhatikan para anakanya dan anaknya aman seperti itu jadi karena lingkungan di sini juga tidak setiap hari bisa ketemu", ujar Irwansyah.

Taman ini juga di lengkapi perpustakaan ruang laktasi dan tempat untuk warga membuat dan menjual hasil karya mereka namun fasilitas ini baru akan beroperasi Januari 2016 mendatang.



Berita Terbaru Updated at: 16.22.00

0 comments:

Posting Komentar