Gempa susulan hingga 4,8 Skala Richter di tarakan

Posted by

BMKG kota Tarakan pastikan gempa tidak berpotensi tsunami warga pun di himbau tetap tenang
Hingga Selasa sore gempa susulan masih terjadi di titik pusat gempa hari ini di Desa Lia Kecamatan Tanah Merah Kabupaten tanah tidung Kalimantan Utara total 24 kali gempa susulan terjadi yang terakhir kekuatan gempa susulan hingga 4,8 Skala Richter. BMKG kota Tarakan pastikan gempa tidak berpotensi tsunami warga pun di himbau tetap tenang.

Meski gempa hanya mengguncang selama lima detik sebagian nelayan urung melaut karena khawatir gempa akan kembali terjadi. Sebelumnya gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter guncang Tarakan Kalimantan Utara senin dini hari lalu berdasarkan data sementara BPBD Tarakan akibat musibah bencana alam gempa bumi sebanyak 7 rumah rusak berat 13 rusak sedang dan 6 rumah rusak ringan sejumlah fasilitas umum juga turut rusak terguncang gempa.

Sebelumnya, Gempa berkekuatan 6,1 skala richter mengguncang Tarakan Kalimantan Utara pada pukul 02.47 Waktu Indonesia Tengah dan hingga senin siang gempa susulan dengan intensitas bervariasi terus terjadi beberapa kali. Selain Tarakan gempa juga dirasakan oleh warga yang berada di Kabupaten Nunukan, menurut keterangan dari BMKG pusat gempa berada pada 29 kilometer Timur laut kota Tarakan dan tidak berpotensi tsunami.

"jadi terjadi gempa di 29 kilometer dekat Tarakan itu tepatnya lokasinya di Pulau Bunyu dan Pulau Garuk di antaranya itu tengah-tengahnya" ujar Taufik Petugas BMKG.

Akibat gempa sejumlah bangunan seperti kantor Pemerintah daerah Nunukan dan rumah-rumah warga rusak, warga pun banyak yang memilih tidak beraktivitas dan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi karena khawatir terhadap gempa susulan.



Berita Terbaru Updated at: 11.43.00

0 comments:

Posting Komentar