Polres Palangkaraya tetapkan tersangka pembakaran hutan dan lahan

Posted by

mengolah lahan dengan cara di bakar
Dampak dari kebakaran hutan dan lahan Polres Palangkaraya segera menetapkan tersangka pembakaran hutan dan lahan di Nyaru Menteng sementara pemilik lahan sudah di periksa. polres palangkaraya masih memeriksa kasus pembakaran hutan dan lahan di Nyaru Menteng Palangkaraya saksi-saksi sudah di panggil mulai dari warga hingga pemilik lahan.

Lahan seluas 50 hektar ini menjadi salah satu lokasi penyebar kabut asap diduga lahan ini dibakar untuk membuka kebun sawit, lahan di jalan Cilik Riwut kilometer 26 Palangkaraya ini disegel akhir Oktober. Penyelidikan yang dilakukan Satgas penegakan hukum Polres setempat sudah menetapkan satu tersangka pembakar lahan yaitu John Keneddy sang pemilik lahan, Polisi menjerat tersangka dengan undang-undang perkebunan dengan ancaman pidana kurungan penjara selama 3 tahun.

"kita sudah panggil dan sudah melakukan pemeriksaan sebagai tersangka inisial JK kita tetapkan sebagai tersangka ya pemilik lahan dalam kasus ini tidak melibatkan korporasi jadi murni perseorangan" ujar AKBP Jukiman Situmorang Kapolres Palangkaraya

Kasus dugaan pembakaran di lahan ini dipicu foto tunas kelapa sawit yang tumbuh di bekas lahan terbakar yang tersebar di media sosial Oktober lalu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan langsung menurunkan tim penyidik ke Palangkaraya Kalimantan Tengah untuk menyegel lahan, hal yang sama juga dilakukan Polres Palangkaraya lahan ini berbatasan langsung dengan hutan Arboretum Pusat Rehabilitasi Orang Utan milik Yayasan Bos Nyaru Menteng Palangkaraya.

Pengukuran lahan oleh badan pertanahan di perlukan untuk menentukan luas lahan dari hasil pemeriksaan sementara pemilik lahan berupa perseorangan lahan juga sudah di segel selain mengganggu kesehatan warga orang utan yang tinggal di rehabilitasi Borneo orangutan survival foundation juga terkena dampaknya 16 orangutan terkena ISPA.

Menurut undang-undang perkebunan 39 tahun 2014 setiap pelaku usaha yang mengolah lahan dengan cara di bakar di pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak 10 miliar sementara dalam undang-undang kehutanan pelaku pembakar hutan di kenai hukuman beragam mulai dari satu hingga 15 tahun penjara dengan denda 50 juta sampai 1,5 miliar rupiah.



Berita Terbaru Updated at: 11.17.00

0 comments:

Posting Komentar