Hutan terbakar sejumlah suku anak dalam terpaksa mengemis

Posted by

Meski kabut asap berangsur hilang kebakaran hutan dan lahan masih menyisihkan masalah sejumlah Suku Anak Dalam kedapatan menjadi pengemis mereka terpaksa keluar hutan yang tidak lagi mampu menyediakan makanan. Senin siang Dinas Sosial Jambi merazia pengemis dan anak jalanan di Kecamatan Pasar petugas di kejutkan dengan tertangkapnya sejumlah Suku Anak Dalam yang kedapatan tengah mengemis

Suku Anak Dalam sengaja keluar hutan untuk mencari makan akibat terbakarnya hutan mereka. Petugas membawa Suku Anak Dalam ke Dinas Sosial kota Jambi selain memberikan makanan Dinas Kesehatan juga mengecek kondisi kesehatan masyarakat adat ini. Beberapa bulan terakhir kebakaran melanda di berbagai Provinsi di Indonesia Rimba jambi Rumah tempat Suku Anak Dalam bernaung termasuk hutan yang terbakar hilangnya hutan dan sumber makanan membuat sejumlah Suku Anak Dalam terpaksa keluar dari belantara yang selama ini menaungi mereka untuk mengemis.

Penyempitan hutan karena kebakaran dan keberadaan perusak perkebunan mengancam kehidupan suku anak dalam di Jambi, tempat tinggal dan sumber makanan mereka semakin terbatas akibat kesulitan mencari makan suku anak dalam mulai keluar hutan tinggal di antara perkebunan kelapa sawit bahkan mengemis di dalam kota Jambi. LSM pendamping orang rimba warsi meminta Presiden Joko Widodo segera merealisasikan janji pemulihan hutan dan bantuan rumah bagi suku anak dalam.

"kalau Pemerintah tidak perhatian lebih dalam kepada mereka itu akan muncul konflik dengan masyarakat di sekitarnya kenapa karena orang rimba ini dia menganggap bahwasanya itu wilayah perkebunan sawit, HTI dan masyarakat Tran itu secara adat dari dulu wilayah mereka dan oleh kebijakan Pemerintah di berikan kepada perkebunan sawit" ujar Ade Chandra Asisten Pemberdayaan SDM KKI Warsi

Saat ini populasi suku anak dalam di Jambi  lebih dari 3.000 jiwa mereka tersebar di beberapa kawasan hutan yaitu Taman Nasional Bukit duabelas, Bukit tigapuluh dan Taman Nasional Kerinci seblat. Sebelumnya Senin siang satu keluarga suku anak dalam di amankan Dinas Sosial Kota Jambi setelah ditemukan mengemis karena kelaparan mereka mengaku sulit mencari makan akibat hutan yang terbakar.

Usai memberi makan Dinas Kesehatan Kota Jambi juga mengecek kondisi kesehatan mereka, karena dipastikan sehat mereka meminta diantar kembali ke dalam hutan di wilayah Koto Boyo Kabupaten Batang Hari Jambi.



Berita Terbaru Updated at: 11.33.00

0 comments:

Posting Komentar