Cegah banjir musiman ratusan warga desa gotong royong bersihkan sungai Cibarengkok

Posted by

warga desa gotong royong bersihkan sungai Cibarengkok
Ratusan warga Desa Mekarjaya Cikajang Garut Jawa Barat membersihkan sungai Cibarengkok dari sampah sungai ini memang mengalir di dekat pemukiman warga selain itu warga juga mengeruk sungai untuk mencegah pendangkalan pembersihan di mulai dari kampung Pamegatan hingga kampung Cipanas dengan jarak lebih dari 5 kilometer gotong royong di lakukan mengingat 7 kampung di desa ini selalu langganan banjir saat hujan tiba.

Untuk antisipasi banjir warga berharap pemerintah membangun tanggul dan tembok penahan tanggul di sepanjang aliran sungai. Saat ini warga telah membangun secara swadaya tanggul sementara dari karung yang di isi tanah sepanjang 7 kilometer lebih antisipasi banjir dan longsor dalan jangka panjang juga di lakukan dengan cara reboisasi hutan upaya ini di lakukan Kesatuan Pengelolaan Hutan perhutani Garut bibit yang nantinya di tanam masih di kumpulkan bibit-bibit tersebut nantinya di tanam di kawasan hutan lindung Kecamatan Bah kanjeng dan Cikeler.

Namun Perhutani Garut tidak akan melarang jika warga sekitar hutan lindung turut menanam tanaman lain seperti cengkeh atau karet. Reboisasa rencananya akan di lakukan Desember 2015 pemerintah Kabupaten Garut menggalakan Reboisasi karena kerusakan hutan lindung di bawah KPH perhutani Garut luasnya mencapai lebih dari 600 hektar.



Berita Terbaru Updated at: 13.30.00

0 comments:

Posting Komentar