Aktivitas vulkanik meningkat kegiatan wisata di gunung Bromo mulai dibatasi

Posted by

Meningkatnya aktivitas Gunung bromo
Sabtu pagi kepulan asap putih kecoklatan masih menyembur dari kawasan Gunung Bromo di Probolinggo Jawa Timur sejak aktivitasnya meningkat 30 Oktober lalu petugas di pos pemantau terus meningkatkan pengawasan alat deteksi gempa mencatat tremor ringan hal ini masih di anggap wajar. Warga desa di sekitar Bromo masih berkegiatan normal meski sesekali tercium belerang pekat.

Meningkatnya aktivitas Gunung bromo membuat petugas rutin berikan peringatan bagi wisatawan masih dapat menikmati suasana dan keindahan Bromo namun area 1 kilometer dari kawah di sterilkan aktivitas Bromo di prediksi sebagai siklus 5 tahunan terakhir Bromo mengeluarkan erupsinya Januari 2011 silam.

Di tengah ancaman erupsi Bromo warga Suku Tengger akan tetap melaksanakan Upacara Adat Yadnya Kasada, ritual pelemparan persembahan hasil bumi ke dalam kawah di gelar Rabu esok Tradisi kasada tarik minat wisatawan banyak pula yang mengaku tidak ingin melewatkan momen foto berlatar kepulan asap Bromo. Saat ini Bromo berstatus waspada radius aman 1 kilometer dari puncak kawah, antisipasi membeludaknya wisatawan petugas perketat keamanan penambahan personil dan terus sosialisasikan jarak aman.

"untuk itu kita pasti mengikuti aturan Vulkano 1 kilometer tidak boleh ya jadi kita ya menghimbau mereka namun kalau ada terobosan yang di luar ini ya karena kawasan ini adalah kawasan Taman Nasional" ujar Anong Widianto Kadis Pariwisata Probolinggo

Berdasarkan pantauan PPMBG aktivitas vulkanik Bromo terus meningkat ketinggian asap mencapai 1.000 meter mengarah ke Kabupaten Malang, erupsi kali ini merupakan erupsi dengan fase terpanjang dalam beberapa tahun terakhir.



Berita Terbaru Updated at: 09.40.00

0 comments:

Posting Komentar