Petugas evakuasi 50 pendaki yang terjebak di puncak mahameru

Posted by

50 pendaki yang sempat terjebak di puncak
Upaya pemadaman kobaran api yang melalap lereng gunung semeru Lumajang terus di lakukan petugas gabungan agar kebakaran tidak meluas di buatlah sekat-sekat agar api tidak merambat cara ini cukup efektif sebagai aksi pencegahan namun kondisi angin kencang di tambah banyaknya semak belukar kering masih menjadi hambatan sementara itu 50 pendaki yang sempat terjebak di puncak maha meru berhasil di evakuasi jalur pendakian kini di tutup total hingga batas waktu yang belum di tentukan.

Sebelumnya kebakaran kembali terjadi di Gunung Semeru tepatnya di sepanjang Jalur pendakian Lumajang Jawa Timur, kebakaran ini pun mengakibatkan puluhan pendaki terjebak. Kepala Bidang Wilayah II Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Ahmad Susdjoto menyatakan sejumlah tanda kebakaran hutan terdeteksi sejak 19 hingga 20 Oktober lalu diduga kuat akibat api unggun pendaki di sekitar Watu Rejeng. 21 Oktober 2015 api semakin membesar dan mengakibatkan 15 hektar hutan di sepanjang jalur pendakian dari arah Ranupani menuju Kumbolo tepatnya di sekitar Watu Rejeng ludes terbakar, saat ini tercatat sekitar 50 pendaki masih terjebak di sekitar Ranu Kumbolo.

"untuk api memang cepat sekali membesar karena anginnya juga sangat kencang dan kondisi lapangan semuanya kondisinya sangat kering sehingga mudah terbakar yang terbakar semak-semak jadi di situ memang jalurnya tempatnya semak-semak" ujar Ahmad Susdjoto Kabid. Wil. II TNBTS.

Sementara di Jawa barat kebakaran gunung pasir beling kabupaten Bandung terus meluas hingga memasuki area kamojang blok patengteng kabupaten Garut warga dan petugas unit pembangkit listrik panas bumi pertamina kamojang berupaya memadamkan api dengan semprotan air dan ranting agar api padam jauhnya lokasi kebakaran dari pusat kota Garut membuat mobil pemadam kebakaran tidak bisa mencapai lokasi jika api meluas kondisi ini akan membahayakan area dua panas bumi milik pertamina kamojang dan Indonesia Power. Belum di ketahui penyebab pasti kebakaran ini namun dugaan sementara ialah faktor alam peristiwa kebakaran ini pun menjadi perhatian warga dan pengguna jalan yang melintas.



Berita Terbaru Updated at: 18.05.00

0 comments:

Posting Komentar