Kemarau berkepanjangan akibatkan ribuan hektar sawah mengering

Posted by

kemarau panjang
Kemarau panjang 2.000 hektar sawah di Pekanbaru mengering kemarau panjang membuat petani di Riau menunda musim tanam padi akibatnya sekitar 2.000 hektar sawah di pastikan menjadi lahan mati hingga hujan turun di antaranya di kabupaten Kuantan Singingi kemarau panjang membuat lahan persawahan kekeringan dengan dengan kondisi tanah retak dan merekah petani tidak bisa memaksakan memulai musim tanam tanah yang retak dan merengkah tidak memungkinkan untuk di tanami padi kalau itu pun di paksakan tanaman padi di pastikan akan mengalami gagal panen.

Menurut seorang petani bernama Maisir seluruh areal persawahan di kabupaten Kuantan Singingi kini sudah di fasilitasi dengan jaringan irigasi hanya saja kemarau panjang membuat sumber air untuk irigasi ikut kering sehingga irigasi tidak berfungsi dengan baik di beberapa titik areal persawahan dinas tanaman pangan pernah membuat irigasi pompa tapi tidak bisa di terapkan di seluruh areal persawahan akibat musim kemarau Maisir pesimis target produksi beras tahun ini tercapai.

Kemarau berkepanjangan mengakibatkan warga di kecamatan Astana Anyar Kota Bandung kesulitan mendapatkan air bersih kondisi ini dirasakan warga sejak 2 bulan lalu namun bantuan air bersih dari pemerintah tidak kunjung datang, kawasan padat penduduk ini tidak tersentuh aliran air PDAM untuk keperluan sehari-hari warga terpaksa membeli air bersih mulai dari harga 500 rupiah hingga 5.000 rupiah. Kelangkaan air ini membawa berkah tersendiri bagi para penjual air bersih, kalau biasanya hanya menjual 25 hingga 50 ton berisi 225 liter/hari saat ini penjualan bisa mencapai 150 ton/hari.

Dampak musim kemarau juga turut dirasakan para petani rumput laut di Kabupaten Sumenep Jawa Timur kualitas rumput laut yang dihasilkan buruk sebagian bahkan membusuk imbasnya harga jual rumput laut menurun tajam dari yang biasanya 15.000/kilogram kini menjadi 8.000/kilogram. Untuk menghindari kerugian besar para petani mempersingkat masa tanam rumput laut menurut keterangan BMKG kekeringan yang melanda sejumlah daerah merupakan dampak El Nino yang cenderung bergeser ke arah timur, meski menyebabkan kerugian di sektor pertanian dan kehutanan namun fenomena Elnino bisa menjadi momen positif untuk meningkatkan sektor kelautan. BMKG memprediksi di beberapa daerah di Indonesia musim hujan akan terjadi antara bulan November atau Desember mendatang.



Berita Terbaru Updated at: 15.44.00

0 comments:

Posting Komentar