Kebakaran hutan landa kawasan konservasi orang utan tanjung puting

Posted by

Kebakaran hutan landa kawasan konservasi orang utan tanjung puting
Kebakaran hutan juga melanda kawasan konservasi orang utan tanjung puting para relawan bahu membahu memadamkan dan mencegah api meluas segala daya dan upaya telah d kerahkan mereka tidak rela kawasan konservasi ludes di lalap api. Sedikit curahan hati seorang Basuki Budi Santoso salah satu relawan pemadam di taman nasional tanjung puting kecintaannya pada hutan membuat rela tinggal di hutan untuk memadamkan kebakaran selama satu setengah satu bulan terakhir. Selain berusaha memadamkan api baju yang ia gunakan saja sudah tidak di ganti selama lima hari biasanya relawan lain akan datang dan membawakan baju untuknya selain kondisi hutan hal yang menjadi kendala yaitu hanya satu keluarga.

Basuki tidak sendiri ada sekitar 30 relawan lainnya di sini jumlah ini tidak tetap relawan silih berganti datang untuk memberikan kontribusi mereka berasal dari berbagai usia petugas taman nasional berbagai LSM pelaku pariwisata hingga masyarakat. Pagi pagi koordinasi wajib di lakukan untuk mematahkan titik pai dan pembagian tugas tim di bagi menjadi 2. Karena sumber air di sini minim mereka memanfaatkan alat-alat yang ada untuk memadamkan api seperti Jack shooter, garuk, dodos dan alat-alat untuk meladang lainnya. Tugasnya mencari titik api dan memadamkannya dan beginilah cara mereka memadamkan api. Sementara tim penyisir berusaha mencari titik api tim lainnya bertugas membuat sekat bakar bisa dengan membuat jalan mengelilingi areal yang terbakar atau bisa juga melintangkan pohon. Tujuannya adalah untuk melokalisir api namun cara ini hanya bisa menunda laju api bukan untuk memadamkan nya. Bahu membahu semua cara di lakukannya semua tenaga di kerahkan.

bekerja sepanjang hari, berkeliling hutan berjalan puluhan kilo untuk mencegah lahirnya titik api baru. kebakaran yang melanda taman nasional tanjung puting tahun ini merupakan kebakaran yang paling parah dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir dari total kawasan 480.000 hektar di perkirakan sekitar 35 hingga 50. ribu hektar sudah terbakar sepanjang bulan Oktober kali ini saja ada 117 sebaran titik api di kawasan nasional. Mengkhawatirkan harus ada yang bermalam di titik api ini di khawatirkan api akan muncul kembali dan membesar seperti kejadian sebelumnya 26 hektar lahan terbakar hanya dalam waktu tiga jam.



Berita Terbaru Updated at: 14.45.00

0 comments:

Posting Komentar