Indonesia dan Malaysia Menyepakati Empat Poin Penting

Posted by

  Indonesia dan Malaysia akhirnya menyepakati empat poin penting kerja sama penguatan industri minyak kelapa sawit yang di inisiasi Indonesia tanggal 27 Agustus lalu
Indonesia dan Malaysia sepakat untuk mengharmonisasi standar industri minyak kelapa sawit. Harmonisasi standar itu merupakan bagian dari empat kesepakatan untuk meningkatkan nilai tambah serta stabilitas harga CPO. Indonesia dan Malaysia akhirnya menyepakati empat poin penting kerja sama penguatan industri minyak kelapa sawit yang di inisiasi Indonesia tanggal 27 Agustus lalu. Empat poin kesepakan itu antara lain membentuk organisasi Council Of Palm Oil producing Counry untuk menjaga stabilitas harga sawit dan mempromosikan ke untungan dari industri minyak sawit dan produk turunannya. Kedua negara juga sepakat untuk mengharmonisasi standar industri minyak kelapa sawit menjadi satu standar dan mempromosikan praktek-praktek industri kelapa sawit ramah lingkungan yang berkelanjutan serta mengembangkan riset industri minyak kelapa sawit untuk meningkatkan nilai tambah.

Untuk menindak lanjuti kesempatan itu Indonesia dan Malaysia akan membentuk komite kecil untuk mengembangkan rotmet tersebut. Menurut menko maritim dan sumber daya Rizal Ramli kesepakatan ini merupakan strategi jangka panjang agar industri kelapa sawit tetap berkembang secara berkelanjutan dan mempunyai manfaat yang besar bagi kedua negara sebagai produsen CPO terbesar dunia. Dengan demikian Indonesia dan Malaysia tidak hanya menjual CPO tetapi juga menjadi produsen produk turunan minyak kelapa sawit seperti margarin dan kosmetik.



Berita Terbaru Updated at: 16.42.00

0 comments:

Posting Komentar