BKSDA terjunkan Gajah Untuk memadamkan kebakaran lahan

Posted by

Pasukan gajah
Lima gajah bantu proses pemadaman api di suaka margasatwa Padang sugihan kabupaten banyuasin Sumatera selatan, di Palangkaraya kabut asap menipis pasca turunnya hujan tadi malam. Pasukan gajah di terjunkan memadamkan kebakaran lahan mereka menepi di lahan rawa yang berada di suaka marga satwa Padang sugihan sibongkor banyuasin brigade Manggala Agni dari balai konservasi sumber daya alam (BKSDA) Sumatera selatan memilih gajah-gajah ini untuk membantu memadamkan kebakaran.

Kebakaran di suaka marga satwa Padang sugihan sibokor kabupaten banyuasin sudah berhasil di padamkan namun tim Manggala Agni dan pusat latihan gajah masih bersiaga. Di Palangkaraya Rabu pagi kabut asap berangsur menipis warga senang karena bisa menikmati udara dengan kualitas lebih baik. Tiga bulan terakhir warga terkepung asap yang membuat kualitas udara berada di level berbahaya selasa malam hujan deras turun selama 2 jam turunnya hujan menjawab doa seluruh warga Palangkaraya meski kabut asap menipis kualitas udara di Palangkaraya masih berada pada level sangat tidak sehat.

5 gajah terlatih dan pawangnya di turunkan pihak Manggala Agni Satuan Pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan BKSDA Sumatera Selatan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di lahan gambut. Kawanan gajah ini bertugas memadamkan kebakaran lahan gambut terutama yang masuk di wilayah konservasi Suaka Margasatwa di Padang Sugihan, gajah-gajah terlatih ini diturunkan BKSDA Sumatera Selatan untuk membantu mobilisasi peralatan pemadam dan personil di kawasan gambut yang sukar di tembus dengan berjalan kaki.

"itu diperdayakan untuk membantu mobilisasi peralatan Manggala Agni di titik kebakaran di suakamargasatwa Padang tempatnya di jalur 21 sehingga gajah yang kita perbantukan untuk pemadaman Manggala Agni di titik lokasi jalur 21 itu sejumlah 5 ekor" ujar Nunu Anugerah Kepala BKSDA Sumatera Selatan

Sementara itu proses pemadaman udara yang dilakukan 2 pesawat amphibi Beriev BE 200 yang di sewa dari Russia terganggu padatnya jadwal penerbangan di Pangkal Pinang, proses pemadaman udara 2 pesawat Rusia itu sejauh ini sudah menerjunkan air dari udara hingga 740 ton air. Masih terbakarnya lahan gambut di Sumatera Selatan membuat Palembang masih terus diselimuti asap membuat kualitas udara di kota Palembang masih berada di level sangat tidak sehat dan berbahaya.



Berita Terbaru Updated at: 09.45.00

0 comments:

Posting Komentar