pemerintah Arab Saudi beri santunan untuk Korban musibah Masjidil Haram

Posted by

Korban musibah Masjidil Haram mendapat santunan sebesar empat miliar
Korban musibah Masjidil Haram mendapat santunan sebesar empat miliar saat ini pemerintah Indonesia menunggu konfirmasi resmi dari pemerintahan Arab Saudi untuk dana santunan tersebut. Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mengeluarkan perintah untuk memberikan bantuan terhadap korban musibah di Masjidil Haram. Besarnya nominal yang akan di berikan kepada ahli waris sebesar 1 juta real atau sekitar 4 miliar rupiah sedangkan untuk korban luka permanen akan mendapatkan bantuan 500 ribu real Atas perintah Raja Arab Saudi namun keputusan ini belum di terima secara resmi oleh pemerintah Indonesia.

Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al Saud menyatakan pemerintah Arab Saudi akan memberi santunan kepada keluarga korban yang meninggal dunia maupun korban terluka dalam insiden robohnya Crime di Masjidil Haram Mekkah. Dalam pemberitaan sejumlah media di Arab Saudi menyebutkan bahwa santunan di bagi dalam 3 kategori untuk korban meninggal Pemerintah Saudi akan memberikan santunan sebesar 1 juta Riyal atau setara 3,8 miliar rupiah untuk korban cacat seumur hidup Pemerintah Arab Saudi juga akan memberikan santunan sebesar 1 juta riyal atau setara 3,8 miliar rupiah sedangkan untuk korban luka-luka santunan diberikan sebesar 500 ribu riyal atau setara dengan 1,9 miliar rupiah.

Selain santunan Pemerintah Arab Saudi juga memberikan bantuan dalam bentuk lain bagi para korban, 2 orang yang keluarganya wafat akan diberangkatkan ke tanah suci sebagai tamu kehormatan kerajaan Pada Musim Haji tahun depan untuk korban luka Pemerintah Saudi memberi keleluasaan untuk menyempurnakan ibadah hajinya pada tahun depan juga sebagai tamu kehormatan Kerajaan, Pemerintah Saudi juga memberi visa kunjungan khusus bagi keluarga untuk mengunjungi korban yang masih dirawat di rumah sakit.

Pemberian santunan kepada keluarga korban insiden robohnya Crime ini di sambut baik oleh keluarga almarhum Adang Jopilili calon Haji asal Bandung yang menjadi korban meninggal dunia, meski demikian hingga saat ini pihak keluarga belum  mendapatkan pemberitahuan resmi dari Pemerintah Arab Saudi maupun pihak pemerintah Indonesia. Berdasarkan data terakhir insiden robohnya alat berat di Masjidil Haram yang terjadi pada Jumat lalu mengakibatkan 111 orang meninggal dunia dan 331 orang mengalami luka-luka dari jumlah tersebut ada 11 jemaah haji asal Indonesia yang meninggal dunia dan lebih dari 40 orang terluka.

"Informasi ini belum sampai secara resmi dan tadi saya sudah sampaikan kepada pihak Muasasa dan kita akan komunikasikan dengan pihak Muasasa hal keputusan resminya kapan itu bisa di realisasikan Insya Alloh nanti itu ada berita dan nanti kita akan koordinasi dengan pihak Muasasa dan pihak otoritas terkait di saudi arabia ini" Ujar Ahmad Dumyathi Bashoro, Ketua panitia penyelenggara ibadah haji. 

Selain itu dalam berita yang di lansir dalam surat kabar Saudi arabiangazette.com, korban juga akan memperoleh asuransi dari perusahaan pengembang Masjidil Haram besaran asuransi sebesar 300 ribu real atau sekitar 1,152 miliar rupiah. Korban musibah di Masjidil Haram sebayak 107 orang, 11 diantaranya adalah warga Indonesia.



Berita Terbaru Updated at: 17.09.00

0 comments:

Posting Komentar